RSS

Kamis, 26 November 2009

Pemalang Ikhlas

Pemalang, kota tempat aku tinggal. Kota yang memiliki banyak kenangan di diriku. Tertawa, sedih, bahagia, marah bersama keluarga, dan teman-teman. Aku sekolah di Pemalang namun sekarang aku malanjutkan jenjang yang lebih tinggi di Universitas Diponegoro dengan mengambil jurusan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota yang biasa disebut Planologi.

Pemalang merupakan salah satu kota di Jawa Tengah tepatnya sebuah kota antara Kota Tegal dan Pekalongan. Pemalang masih merupakan kabupaten belum menjadi kotamadya. Di kepalai oleh seorang Bupati yang bernama Bapak Machroes dan Wakil Bupati yang bernama Bapak Junaedi.

Pemalang merupakan daerah Pantura. Biasanya para pemudik dari arah Jakarta menuju Semarang menggunakan jalur Utara yang melewati desa Pelutan sedangkan pemudik dari narah Semarang menuju Jakarta menggunakan jalur Selatan yaitu melewati kecamatan Taman tepatnya desa Beji. Sayangnya jalan di jalur Utara masih dalam masa pelebaran jalan sedangkan di jalur Selatan masih banyak yang berlubang.

Pemalang memiliki beberapa obyek wisata diantaranya Pantai Widuri, pemandian Moga, pemandian air panas Guci, Goa Lawa, Gunung Mendelem yang merupakan kaki dari Gunung Slamet (Gunung tertinggi di Jawa Tengah) dan masih banyak obyek wisata lainnya.

Pantai Widuri terletak di bagian utara kota Pemalang yaitu di desa Widuri sekitar 3km ke utara dari alun-alun kota Pemalang dan di Pantai Widuri terdapat wahana air berupa waterboom mini. Selain tu juga terdapat sirkuit balap motor, tempat pelelangan ikan (TPAI) Tanjung Sari. Namun sayang pasir di Pantai Widuri berupa pasir hitam dan masih banyak orang-orang tak bertanggung jawab yang sembarangan membuang sampah.

Pemandian Moga merupakan obyek wisata berupa kolam renang yang terletak di kecamatan Moga dan menempuh waktu kurang lebih 30menit dari jantung kota yaitu alun-alun kota Pemalang ke arah selatan. Moga sudah merupakan kawasan pegunungan sehingga daerahnya dingin. Sedangkan Pemandian air panas Guci terletak di daerah Bumijawa yang masih di daerah pegunungan namun air pemandian di Guci airnya tidak dingin seperti pemandian di Moga melainkan panas karena sumber mata air langsung dari dalam dalam gunung yang dekat dengan lahar panas. Kebanyakan wistawan lebih tertarik mengunjungi pemandian air panas Guci dibanding pemandian Moga padahal letaknya lebih jauh dari pusat kota dibanding Moga.

Goa Lawa merupakan suatu Gowa yang terdapat di kabupaten Pemalang. Lawa itu sendiri berasal dari bahasa jawa yang artinya kelelawar. Sehingga Goa Lawa berarti Goa Kelelawar karena di dalam goa banyak terdapat kelelawar.

Gedung-gedung di Pemalang belum setinggi gedung-gedung yang ada di kota-kota besar seperti Semarang, Jakarta dan lainnya. Gedung di Pemalang diantaranya Gedung Olahraga Kridanggo, Gedung Serba Guna dan masih banyak lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar